Inilah 5 Ciri Blog Anda Disukai Oleh Visitor, Sudah Tau Belum?

Sebagai blogger tentu saja kita mengharapkan blog yang yang kita miliki bisa disukai dan disenangi banyak orang. Mengapa? Tentu saja ketika blog kita disukai dan disenangi banyak orang maka apa yang kita akan rencanakan pada blog kita seperti popularitas atau monetisasi blog akan semakin berpeluang untuk terwujud. Tapi bagaimana kita bisa mengetahui bahwa blog kita disukai atau tidak oleh netizen? Berikut adalah tanda-tanda atau ciri bahwa blog yang kita miliki disukai oleh banyak orang.

1. Return Visitor

Daftar Isi




Ciri atau tanda pertama bahwa blog Anda disukai banyak orang adalah adanya return visitor. Apa itu return visitor? Return visitor adalah visitor atau pengunjung blog yang melakukan kunjungan kembali ke suatu blog. Ini artinya setelah seseorang datang untuk pertama kali, ia kemudian tertarik untuk datang untuk kedua kalinya dan seterusnya.
Lalu bagaimana kita bisa mengetahui visitor datang lebih dari satu kali (return visitor)? Caranya Anda cukup menginstall Google Analytics pada blog Anda. dari Google Analytics ini kemudian Anda perlu melihat indikasi return visitor ini di bagian audience overview.

2. Bounce Rate dan Avg. Session Duration

Berikutnya, ciri dan tanda bahwa blog Anda disukai dan disenangi banyak orang adalah adanya bounce rate dan avg. session duration. Apa itu bounce rate dan avg. session duration?
  • Bounce rate sendiri adalah persentase banyaknya visitor yang hanya mengunjungi 1 halaman atau pages dari situs Anda dan setelah itu pergi meninggalkan blog Anda.
  • Sedangkan Avg. session duration merupakan lamanya waktu yang dihabiskan oleh visitor dalam 1 sesi kunjungan (dimana umumnya 1 sesi dihitung per 30 menit).
Dari sini diperoleh kesimpulan bahwa semakin rendah bounce rate suatu blog maka semakin baik pula nilai blog Anda, dan sebaliknya, Sedangkan untuk avg. Session duration sendiri adalah berlaku ketentuan bahwa semakin lama waktu dari avg. session duration blog Anda maka artinya blog Anda bernilai baik, karena itu pertanda bahwa blog banyak disukai visitor yang banyak menghabiskan waktu untuk mengulik isi blog tersebut.

3. Komentar

Selanjutnya, ciri dan tanda bahwa sebuah blog disukai dan disenangi banyak orang yaitu banyak komentar yang muncul. Ya, komentar memang akan selalu menjadi ukuran atau standar bahwa visitor telah membaca dengan tuntas dan merespon isi blog. Nah dari sini berlaku ketentuan bahwa semakin banyak orang yang berkomentar di blog Anda maka itu artinya semakin mencerminkan bahwa blog tersebut disukai dan disenangi visitor.
Tapi khusus untuk komponen yang satu ini Anda perlu memperhatikan bahwa komentar yang dihitung sebagai pertanda disukainya suatu blog adalah komentar yang benar-benar sebuah komentar atas isi artikel blog, bukanlah komentar yang berupa promosi atau spam lainnya atau juga komentar berupa link blog yang hanya ingin sekedar meninggalkan backlink untuk blognya sendiri.

4. Share atau Back link

Hal yang juga mencerminkan bahwa blog Anda disukai dan disenangi banyak orang adalah adanya back link blog Anda yang dilakukan orang lain yang mungkin tidak Anda kenali. Tidak hanya sekedar back link, adanya sharing artikel atau tulisan yang Anda tulis oleh visitor Anda juga menunjukkan bahwa blog Anda disukai dan disenangi orang. Satu hal lagi jika ada visitor yang kemudian merekomendasikan blog Anda maka itu juga sebuah tanda bahwa blog Anda disukai dan disenangi netizen.

5. Subscriber atau Followers

Terakhir, ciri dan tanda bahwa blog disukai dan disenangi banyak orang adalah adanya jumlah subscriber atau followers yang banyak. Apa itu subscriber? Subscriber adalah orang-orang yang mendaftarkan email mereka untuk berlangganan dan mengikuti blog Anda. Subscriber ini bisa dibilang semacam follower atau pengikut dalam media sosial, namun di blog istilahnya adalah subscriber. Subscriber juga bisa diibaratkan sebagai pelanggan artikel-artikel blog Anda.
Nah maka dari itu subscriber ini adalah hal yang penting untuk siapapun yang ingin blognya populer atau menghasilkan pendapatan. Maka dari itu cobalah membuat konten-konten yang orisinil dan bermanfaat bagi banyak orang agar kemudian banyak visitor yang mendaftarkan emailnya sebagai tanda ia menjadi subscriber.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.